Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parigi
Main Article Content
Taufiq Riandhana
Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi tentang Apakah ada pengaruh pola asuh orang
tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parigi. Metode yang digunakan
adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Populasi sebanyak 133 siswa di SMA Negeri 1 Parigi. Jumlah
sampel penelitian sebanyak 57 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Sampling. Teknik
pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert, Observasi, Interview dan
Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pertama mereduksi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara Pola Asuh Siswa (X1)
terhadap Prestasi belajar (Y), pola asuh yang diterapkan di SMA Negeri 1 Parigi Kelas XI IPS
yaitu Pola Asuh Demokratis Dengan tingkat presentase sebesar 35,73%. Dalam hal ini tentunya
keberhasilan anak disekolah dengan prestasi belajar yang tinggi tidak lepas dari pola asuh orang tua,
keluarga merupakan kelompok sosial yang pertama dimana anak dapat berinteraksi. Pengaruh
keluarga dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian sangatlah besar.
A.M, Sardiman, 1990, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali.
Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.
Anton, M. Mulyono. 2005. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2010, Ciri Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta, Amruz
Media.
Brophy, 2004, Psikologi Umum (Buku Panduan Mahasiswa), Yogyakarta, Andi.
Crow, Lestar D. dan Alice Crow, 1989, Psychologi Pendidikan, Yogyakarta, Nurcahaya.
Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Efendi, Usman, dan Juhaya S. Praja, 1993, Pengantar Psikologi. Bandung : Angkasa.
Hamalik, Omar, 1990, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru, Algensindo.
Jalaluddin dan Usman Said, 2004, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Karwati, Euis, 2014, Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E.Learning) Terhadap Mutu Belajar
Mahasiswa, Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 17 No. 1, Juli 2014.
M. Dalyono, 2012, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
Markum, M. Enoch, 1983, Anak, Keluarga dan Masyarakat, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan.
Mulyono, Anton, 2005, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.
Mussen, P.H., 1989, Perkembangan dan Kepribadian Anak, Jakarta, Arcan.
Nasution, S., 2000, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Nazir, Moh, 2010 Metode Penelitian, Jakarta : Penerbit CV. Ghalia Indonesia
Purwanto, Ngalim, , 2003. Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT. Remaja rosda Karya.
Putri, Undhan, 2013, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas
X dan XI MAN Wonosari Gunung Kidul, Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga.
Ramli, Kamrianti, Macam-macam motivasi, https://kamriantiramli.wordpress.com diakses tanggal 2
Juni 2015
Rakhmat, Jalaluddin, 2009, Metode Penelitian Komunikasi, Dilengkapi contoh analisis statistik,
Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Santrock, 2007, Masa Perkembangan Anak, Jakarta, Salemba Humanika.
Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Sudjana, 2002, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sugiharto, 2007, Pengaruh Sifat Pola Asuh Orang Tua Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestassi
Belajar Dalam Bidang Studi Akuntansi, jurnal Dinamika Pendidikan vol 2 no 3.
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D,
Cetakan Kelima, Bandung : CV. Alfabeta.
Sukarno, Anton dan Sukardi, 1995, Dasar-Dasar Penilaian Pendidikan, Surakarta, CV. Massa
Baru.
Syah, Muhibbin, 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosda
Karya.
Tirtonegoro, Sutratinah, 1984, Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, Jakarta : Bina
Aksara.
Tu’u S, Tulus. Th, 2004, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta, Grasindo.
Uno, B.Hamzah. 2009, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta, Bumi Aksara.
Usman, Uzer, 1990. Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.
Winkel, W.S 1983, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta, PT. Gramedia.