Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMAN 8 Semarang
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas XI 3 SMAN 8 Semarang dengan mempertimbangkan gaya belajar peserta didik. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian berjumlah 35 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, dengan keabsahan data diperkuat melalui triangulasi data. Hasil menunjukkan adanya keberagaman gaya belajar peserta didik, dengan dominasi gaya belajar visual diikuti oleh auditori dan kinestetik. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan membebaskan peserta didik untuk membuat produk hasil belajar sesuai dengan gaya belajar mereka. Implementasi ini menciptakan suasana pembelajaran yang kolaboratif, menyenangkan, dan antusias, memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka sehingga pembelajaran terasa lebih bermakna.
Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1), 77–84.
Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414-420.
Faiz, Aiman, Anis Pratama, & Imas Kurniawaty. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.
Fiddler, Morris, and Catherine Marienau. (2008). “Developing Habits of Reflection for Meaningful Learning.” New Directions for Adult and Continuing Education no 18(118): 75–85.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.
Kainde, Elisabeth Wulan, and Candra Yulius Tahya. (2020). “Pemanfaatan Jurnal Refleksi Sebagai Penuntun Siswa Dalam Menemukan Makna Pada Mata Pelajaran Kimia.” Journal of Educational Chemistry (JEC) 2(2): 49.
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Lestari, L., Hadarah, H., & Soleha, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(02), 49-58.
Magfiroh, L., Ayuningtyas, E., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17-36.
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi Berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282–287.
Mumpuniarti, M., Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). Diferensiasi Pembelajaran (Pengelolaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam). Yogyakarta: UNY Press.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Bandung: TATA AKBAR.
Perdani, A. S., Busri, H., & Tabrani, A. (2024). Perjalanan Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Filosofis Ki Hajar Dewantara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(2), 1197-1205.
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4), 310–319.
Rahayu, F. F., Shafira, I., Avivi, A. A., Saptariana, M., & Purnama, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 244-250.
Rohimat, S., Wulandari, D. R., & Wardani, T. I. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).
Saadah, M., Prasetiyo, Y. and Rahmayati, G. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64.
Sari, A., Miyono, N., & Rahayu, L. P. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik untuk Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas 1 SD Supriyadi 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2778-2788.
Sari, N. Y., Sinaga, D. ., & Nainggolan, J. (2024). Perkembangan Kurikulum Merdeka Di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2199–2205. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25281
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhaeri, & Daud, F. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diferensiasi dalam Pembelajaran Biologi Pada Kelas X SMA Negeri 16 Bone. UNM Journal of Biological Education, 5(2), 1–11.
Tohir, S. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1).
Tomlinson, C. A. (2001). How To Differentiate Teaching In Mixed-Ability Classrooms. (2nd edn.). Alexandria, VA, United States of America: Association for supervision and curriculum development (ASCD).
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Wiedarti, Pangesti. (2018). Seri Manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689
Yasin, M., Mustari, M., Fauza, A., & Alqadri, B. (2024). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Gunung Sari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3350-3361.