E Eksplorasi Ragam Pemanfaatan Teknologi Sebagai Dukungan Pembelajaran Bahasa Inggris Biologi Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan
Main Article Content
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada program studi pendidikan biologi Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan di era digital. Melalui kajian penelusuran literatur yang relevan untuk menjawab penelitian yang hendak diteliti. Pada penelitian ini, metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan survei dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian ini terdiri dari 70 mahasiswa pendidikan biologi ditahun 2023. Hasil kajian menunjukkan saat ini kita memasuki era revolusi generasi 4.0 atau lebih dikenal dengan Era Digital. Ciri khas dari generasi ini adalah meningkatkan penggunaan teknologi untuk menggantikan tenaga manusia. Dunia pendidikan tentunya akan mempunyai tantangan tersendiri dalam menyikapi Perubahan yang signifikan ini. Oleh sebab itu, diperlukan reformulasi proses dari pembelajaran yang baik di dalam jaringan (daring) maupun di luar jaringan (luring).
Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (Bdr) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus DiSMAN 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Informasi dan Riset Akademik,2(1),30- 36. Diakses dari https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70
Ariani, Rizka. “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pendidikan Dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Program Pasca Sarjana Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 5 , no. 2 (2019): 157.
Cahyani, S., & Lestari, A. D. (2021). Analysis of student perceptions of Google Meet usage during online learning. Journal of Educational Technology and E-Learning, 3(1), 18-25
Julita, Julita, and Pebria D. Purnasari. "Pemanfataan Teknologi sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Era Digital." Journal of Educational Learning and Innovation, vol. 2, no. 2, 2022, pp. 227-239, doi:10.46229/elia.v2i2.460
Khatri, KK (2020).Paradigma Penelitian: Filsafat Penelitian Pendidikan.Jurnal Internasional Sastra Inggris dan Ilmu Sosial,5(5).https://doi.org/10.22161/ijels.55.15.
Kowang, TO, Bakry, MF, Hee, O.C., Fei, GC, Yew, LK,Saadon, M.SI., & Long, CS (2020). Kompetensi Industri 4.0 di kalangan dosen perguruan tinggi di Malaysia.Jurnal Internasional Evaluasi dan Penelitian Pendidikan(IJERE),9(2),303.Diakses dari https://doi.org/10.11591/ijere. v9i2.20520.
Malik, RS (2018a). Tantangan pendidikan di abad 21 dan Pembangunan Berkelanjutan.Jurnal Pendidikan dan Penelitian Pembangunan Berkelanjutan,2(1),9- 20. Diakses dari https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12 266.
Patel, C. (2013).Use of multimedia technology in teaching and learning communication skill: An analysis. International Journal of Advancements in Research & Technology, 2(7),116-123.
Sa’pang, AW, & Purbojo, R. (2020). Efikasi diri guru, pemahaman karakter siswa, dan pemahaman keterampilan abad 21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator.Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology,7(2),192- 211. Diakses dari https://doi.org/10.24854/JPU108
Shatri, ZG (2020). Keuntungan dan kerugian penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran siswa. Jurnal Pendidikan Sains Turki,17(3),420- 428. Diakses dari https://doi.org/10.36681/tused.2020 .36.
SMAN 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Informasi dan Riset Akademik,2(1),30- 36.https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70.
Stukalenko, N. M., Zakhina, B. B., Kukubaeva, A. K., Smagulova, N. K., & Kazhibaeva, G. K. (2016). Studying Innovation Technologies in Modern Education. International Journal of Environtmental & Science Education,