IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TERPADU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI DI PONDOK PESANREN DARUL ULUM KARANGPANDAN
Main Article Content
Kualitas santri merupakan cirri khas utama dari seseorang baik itu perorangan maupun kelompok. Untuk memperkuat kualitas seorang santri sangat diperlukan yang namanya sistem Pendidikan Pondok PesantrenTerpadu. Sistem Pendidikan Pondok PesantrenTerpadu tergolong kepada tipe Pondok Pesantren demokratis dimana system Pondok Pesantren selalu megadakan musyawarah kepada seluruh dewan guru, dan staf, dalam menetapakan setiap keputusan yang akan diambil. Pondok PesantrenTerpadu tergolong kepada tipe Pondok Pesantren demokratis dimana system Pondok Pesantren selalu megadakan musyawarah kepada seluruh dewan guru, dan staf. Dalam menetapkan setiap keputusan yang akan diambil.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian yang menggambarkan isi data, kutipan-kutipan data dan member gambaran penyajian laporan melalui observasi langsung, wawancara serta studi dokumenter. Implementasi sistem Pendidikan Pondok Pesantren terpadu di Darul Ulum dalam upaya meningkatkan kualitas santri adalah Sistem pendidikan Pondok Pesantren Terpadu tipe Pondok Pesantren demokratis dimana system Pondok Pesantren selalu mengadakan musyawarah kepada seluruh dewan guru, dan staf dalam menetapkan setiap keputusan yang akandiambil. Sistem Pendidikan terpadu ini dalam menjalankan peran managemennya, dengan tidak memberikan batasan atau perbedaan antara ustadz/ustadzah, staf dan tata usaha. Mereka berbaur menjadi satu kesatuan. Dengan upaya mengaplikasikan program- program yang telah direncanakan dan disusun oleh system pendidikan pesantren terpadu. Juga melakukan evaluasi program mutu pendidikan santri yang dilakukan satu kali dalam seminggu.
, UU no 20 tahun. Sistem Pendidikan Nasional. surabaya: biro spriritual, 2003.
abdurrahman dkk. Dinamika Pesantren Dan Madrasah. Pustaka pe. yogyakarta, 2002.
Ach. Saifudin. “Wawancara Dengan Guru Dan Staf Darul Ulum,” n.d.
Ambary, hasan muarif. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis Dan Historis Islam Di Indonesia. Jakarta: logos wacana ilmu, 2001.
Apriandi, Iwan. “Implementasi Qanun Nomor 11 Tahun Tahun 2002 Tentang Syariat Islam Di Kota Langsa.” Implementasi Kebijakan;Sosialisasi;Kepatuhan Masyarakat (2017): 11–35.
Azmil Fitriyah. Peranan Pondok Pesantren Terhadap Pendidikan Akhlak Santri Di Ponpes Salafiyah Bangil, 2005.
Bugin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Media Group, 2005.
C, Alfin. “Pendekatan Deskriptif Adalah Sebuah Bentuk Penelitian” (n.d.): 222.
Cahyono, Eko Rahmad. “Implementasi Perencanaan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Santri.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 4, no. 3 (2019): 287–304.
cambridge dictionary. Sistem Pendidikan Modern, 2010.
D. Yanto. Kamus Bahasa Indonesia. surabaya: nidya pustaka, 2003.
Danur, Alfan. Wawancara Dengan Salah Satu Santri, n.d.
Daud, Mahmud. Terjemah Hadist Shohih Muslim. Jakarta: widya, 2001.
Depag. Al-Qur’an Dan Terjemahan. Bandung: Gema Risalah Press, 2001.
Dhofier, lih. zamakhsary. Trasisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1984.
Dr. Adip Muhdi, S. Ag, MHI. Wawancara Dengan Ketua Yayasan Darul Ulum, n.d.
E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif, Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.
Fikri, Gus Ali. Wawancara Dengan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, 2023.
Gus lutfi hakim. “Hasil Wawancara Pengasuh,” 2023.
H.M. Arifin. Psikologi Pendidikan, n.d.
Habibi, Ahmad. Karya Anak Bangsa. Jakarta, 2017.
Hakim, Gus Lutfi. Wawancara Dengan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum. Pasuruan, 2023.
hasbulloh. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persad, 2003.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 65–70.
Ifrosin. Kisah-Kisah Santri. Jawa Barat: mu’jizat group, 2005.
Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Ir. Rusdi. “Wawancara Dengan Kepala Sekolah Mts Darul Ulum,” n.d.
iskandar engku, siti zubaidah. Karakter Pendidikan Nasional, 2008.
Jabbar, al-ustadz abdul. Al-Muntakhobat. surabaya: al-asriyyah, n.d.
Jamal, Syafruddin. “Merumuskan Tujuan Dan Manfaat Penelitian.” ilmiah Dakwah dan Komunikasi 3 No. 5 (2012): 148–150.
lutfand. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif. Jakarta, 2017.
m. zainudin. Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab. malang: UIN MALIKI-PRESS, 2013.
Manfred Ziemek. Pesantren Dalam Perubahan, 2007.
mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Off Set, 2010.
Mubarok, Ahmad Zakki. “Model Pendidikan Pesantren Terpadu Dalam Membina Karakter Di Era Globalisasi.” Quality 7, no. 1 (2019): 191–204.
Muhammad Athiyah al-abrasyi. Ruhut Tarbiyah Wa Ta’lim. Saudi Arabiyah: Darul Ahya’, n.d.
Muzaki, Sidin. Wawancara Dengan Ketua Pondok Pesantren Darul Ulum. Pasuruan, 2023.
Nana Syaodih Sukmadinata. Kajian Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta, 2011.
Nashori, Fuad. “Kekuatan Karakter Santri.” Millah 11, no. 1 (2011): 203–219.
Niam, Aufarun. Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung, 2015.
Nurul Hidayah. Kepemimpinan Visioner Kepala Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2016.
Quraisy Syihab. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: mizan, 2002.
Rustina. Hadis Kewajiban Menuntut Ilmu Dan Menyampaikannya Dalam Buku Siswa Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Di Kota Ambon. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2019.
Sayid Ali Asrof. Horizon Baru Pendidikan Islam. Jakarta: pustaka firdaus, 1996.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Webster, Meriam. Sistem Pendidikan Nasional, 2009.
UUD 1945. surabaya: PT. Pustaka Tinta Mas, n.d.