Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2023-2024. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada 4 orang dari kelas X Ma As'adiyah kramat. Proses pemilihan subjek dengan di tinjau dari gender yakni 2 siswa laki-laki dan 2 siswi perempuan. Metode pengumpulan data adalah tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Ma As'adiyah kramat siswa perempuan memiliki tingkat bepikir yang tinggih dari pada siswa laki-lakiy yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana faktor gender memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika..
Asalah. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam. 7, 39–50.
Putri, S. A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tingkat kecemasan.
Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal On Education, 01(03), 37±47.
Sari, V. A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Kedung Waringin Pada Materi Segitiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 318±324.
Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9),911-922.