ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SERTA AQ
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa pada materi komposisi fungsi dan invers ditinjau dari gaya kognitif serta AQ. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini ada empat yaitu tes GEFT, angket AQ, tes kemampuan penalaran matematis, dan pedoman wawancara. Subjek pada penelitian ini ada 6 orang siswa yang diambil dari SMA Ma’arif NU Pandaan. Pengambilan subjek tersebut didasarkan pada hasil tes GEFT dan hasil angket AQ. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa FI 1 memiliki kemampuan penalaran matematis yang Tinggi dengan presentase 75% dan hanya mampu memenuhi 4 indikator penalaran matematis saja. Siswa FI 2 dan FD 2 memiliki kemampuan penalaran matematis yang Tinggi dengan presentase 70,83% dan mampu memenuhi 5 indikator penalaran matematis. Siswa FD 1 memiliki kemampuan penalaran matematis yang Tinggi dengan presentase 87,5% dan mampu memenuhi 5 indikator penalaran matematis.
Aan Komariah dan Djam’an Satori, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cpta.
Azmi, Ulul. 2013. “Profil Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Pada Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP YPM 4 Bohar Sidoarjo”. Skripsi. FKIP, Pend. Matematika. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Davis, G. A. (2006). Learning Style and Personality Type Preferences of Community Development Extension Educators. Journal of Agricultural Education, 47(1), 90-99.
Khoirurrijal, dkk. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka”. Buku. Halaman 1-132.
Meleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, A dan Anni, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Gafindo
Persada, 2007.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.
Sulistiawati, dkk, Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Menggunakan Desain Didaktis Berdasarkan Kesulitan Belajar pada Materi Luas dan Volume Limas, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), ISSN: 2477-2992, p-ISSN: 2355-1615, Vol.9, No.1, 2016.