ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GERBANG LOGIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA DAN JENIS KELAMIN DI SMK AT TAUFIQIYAH
Main Article Content
Saat pembelajaran siswa kesulitan dalam memahami materi gerbang logika dikarenakan materi pembelajaran berhubungan dengan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa terhadap pemecahan masalah pada materi gerbang logika ditinjau dari keaktifan siswa dan jenis kelamin. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes soal, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Subjek keaktifan tinggi dan berjenis kelamin lakilaki berdasarkan pemecahan masalah menurut teori polya tidak mampu dalam indikator memeriksa kembali dan mengalami kesulitan belajar berupa kesulitan memahami materi, keterampilan belajar, intelegensi/kemampuan; (2) Subjek keaktifan tinggi dan berjenis kelamin perempuan tidak mampu dalam indikator memeriksa kembali dan mengalami kesulitan belajar berupa intelegensi/kemampuan; (3) Subjek keaktifan rendah dan berjenis kelamin laki-laki tidak mampu dalam indikator memahami, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali dan mengalami kesulitan belajar berupa kesulitan memahami materi, pemecahan masalah, keaktifan, kesehatan fisik, intelegensi/kemampuan, minat (4) Subjek keaktifan rendah dan berjenis kelamin perempuan tidak mampu dalam indikator memeriksa kembali, ada yang tidak mampu memahami dan memeriksa kembali dan pada soal tertentu tidak mampu memahami, melaksanakan dan memeriksa kembali, kemudian untuk kesulitan belajar yang dialami berupa kesulitan memahami materi, pemecahan masalah, keaktifan, intelegensi/kemampuan, minat.
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.
Esi., Purwaningsih, E. & Okianna. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI Smk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10).
Munawaroh, A. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring. Skripsi Pendidikan Matematika. STKIP PGRI PACITAN.
Oktaviani, Y. R. (2020). Pengaruh Jenis Kelamin Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 942-948.
Ramdhany, Abdul Ghafur. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Sistem Komputer pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ditinjau dari Hasil Belajar di SMKN 3 Bangkalan. Skripsi Pendidikan Informatika. Universitas Trunojoyo Madura.
Saniyah, W., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Peluang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta CV.
Ulfatin, Nurul. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya.
Utari, N.D. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah
Menurut Polya Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi SPLTV Kelas X IPA MA Bustanul Ulum Bulugading Tahun Ajaran 2022-2023. Skripsi Tadris Matematika. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Widyaningsih, Retna. (2020). Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah dan Kemampuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin untuk Materi Aplikasi Nilai Mutlak pada Persamaan Linear dan Pertidaksamaan Linear di Kelas X IPA 1 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).