Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Trigonometri SMAN 1 Gondangwetan Ditinjau Dari Jenis Kelamin
pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, profil singkat
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal pendendam ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa yang diambil dari kelas X-6 SMAN 1 Gondangwetan. Pengambilan subjek tersebut berdasarkan nilai tertinggi mata pelajaran matematika yaitu 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dan wawancara. Selanjutnya teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan Kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki subjek S2O L hanya memenuhi satu tahap pemecahan masalah, yaitu memahami masalah. Sedangkan Siswa laki-laki subjek S21 L tidak memenuhi tahap pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Sedangkan Kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan subjek S31 P hanya memenuhi satu tahap pemecahan masalah, yaitu memahami masalah. Sedangkan Siswa perempuan dengan subjek S12 tidak memenuhi tahap pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali.
Agustina, D., Musdi, E., & Fauzan, A. (2014). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Ambiyar, A. (2011). Pengukuran dan Tes dalam Pendidikan.
Amir, M. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Marwah., Vol. XII.
Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Konstektual Ditinjau dari Gender. . 5(April), 19–28.
Anugrah, G. D. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS.
Darojat, L. (2016). Unnes Journal of Mathematics Education Research MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN AQ DENGAN LEARNING CYCLE 7E Abstrak. 5(1), 1–8.
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. 11(2), 189-201.
Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif.
Haryoko, S. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis).
Hidayanti, R., Alimuddin, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII. 1 SMP Negeri 2 Labakkang. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12(1), 71–80.
Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.
Mahendratama, F. J., Darsono, D., & Nurfahrudianto, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING) PADA MATERI NILAI MUTLAK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119–131.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Palapasari, R., & Anggo, M. (2019). Pengaruh Penerapan Konstruktivis Realistik Dan Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 46-56.
Putri, H. E. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.