PENERAPAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS KOMIK ANDROID DENGAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondangwetan terhadap penerapan buku ajar fisika berbasis komik android dengan media canva pada materi gejala pemanasan global. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang dibuat dalam bentuk one group pre-test dan post-test. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X4, X5, dan X8 di SMA Negeri 1 Gondangwetan tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 104 siswa. Hasil analisis data didapatkan nilai N-Gain di setiap kelas eksperimen yaitu kelas X5 = 0,75 dengan kategori tinggi, X4=0,73 dengan kategori tinggi, X8 = 0,72 dengan kategori tinggi dan rata-rata respon siswa X5= 46,69% dengan kategori sangat baik, X4 = 35,84% dengan kategori sangat baik, X8= 61,58% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan buku ajar fisika berbasis komik android dengan media canva dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global.
Adnyana, Gede Putra. 2012. “Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (3):201–9.
Gunawan, Indra, Regita Anesia, Bambang Sri Anggoro, Pendidikan Fisika, and FTK UIN Raden Intan Lampung. 2018. “Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus.” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 1(1):53–57.
Hariadi, Lucy, and Jutono Gondohanindijo. 2021. “Model Koping Untuk Mengatasi Stres Belajar Matematika Melalui Aplikasi Berbasis Media Pembelajaran Interaktif (Mpi) Pada Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 2:31–46.
Mustika Zahfira Utami, Iwan Setiawan2, Eko Risdianto, Elsa Viona. 2021. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik.” In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 334–50.
Nur, Alfiana, Rosita Mayanti, and Arif Widiyatmoko. 2023. “Review Artikel: Model Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Canva Pada Materi Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik.” In Proceeding Seminar Nasional IPA 424–31.
Nuraeni, Siti, Tonih Feronika, and Luki Yunita. 2019. “Implementasi Self-Efficacy Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Abad 21.” Jambura Journal of Educational Chemistry 1(2):49–56. doi: 10.34312/jjec.v1i2.2553.
Nurhudayah, M., Albertus Djoko Lesmono, and Subiki. 2016. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Fisika SMA Di Jember (Studi Pada Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis).” Jurnal Pendidikan Fisika 5(1):82–88.
Putra, P. D. A., and Sudarti. 2015. “Pengembangan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika.” Jurnal Fisika Indonesia 19(55):45–48.
Susilawati, Endang, Agustinasari Agustinasari, Achmad Samsudin, and Parsaoran Siahaan. 2020. “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 6(1):11–16. doi: 10.29303/jpft.v6i1.1453.
Wati, Indah, and Insana Kamila. 2019. “Pentingnya Guru Professional Dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12(1):364–70.
Widyawati, Ani, and Anti Kolonial Prodjosantoso. 2015. “Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 1(1):24. doi: 10.21831/jipi.v1i1.4529.