penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan media Pembelajaran Power Point Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas VII Di SMP Terpadu Al-Hidayah
Main Article Content
Rizqiyatul Istiqomah Rizqiyatul Istiqomah
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pengelolahan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar serta respon siswa pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran koopertif tipe think pair share (TPS) dengan berbantuan media pembelajaran powerpoint materi transformasi geometri pada siswa kelas VII di Smp Al Hidayah Sukorejo. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah (1). Observasi, observasi ini dilakukan untuk mengetahui bagaiman pengelolahan pembelajaran oleh guru serta aktivitas siswa; (2). Tes, tes soal ini digunakan untuk mendapatkan hasil belajar siswa, setelah penerapan pembelajaran dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan media pembelajaran PPT pada materi transformasi geometri; (3). Angket, digunakan untuk mengetahui tanggapan atau respon siswa terhadap proses pembelajaran yang telah siswa ikuti. Hasil dari data menunjukkan : (1). Pengelolahan pembelajaran oleh guru secara keseluruhan dikatakan dengan kategori baik; (2). Siswa tergolong aktif selama proses pembelajaran dengan presentase sebesar 63,28%; (3). Hasil belajar siswa yang tuntas dengan nilai sebesar 89.51%, serta respon siswa positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe think pair share (TPS) menunjukkan bahwa proses pembelajaran tersebut efektif.
Asih, N. M. A. (2013). … Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas VIIIa MTS. Al …. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpp/article/download/492/407
Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 80–94. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/442
Fransiska, F., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383–393. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393
Ii, B. A. B. (n.d.). Bab20200004942. 7–34.
Indaryani, U. (2023). Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29573/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29573/1/Ummi Indrayani%2C 180205065%2C FTK%2C PMA%2C 081264652010.pdf
Ivan Kukoh Prabowo. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas 1 SDN Kalikuning 3 Kecamatan Tulakan. 5–16. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/630/4/IVAN KUKOH PRABOWO_BAB 2_PI2021.pdf.
Mutiara, K. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Daya Tarik dan Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta, Juli, 8–9. http://eprints.uny.ac.id/23986/7/Halaman Depan.pdf
Okusa, M. (2008). No Titleد ا رسة تأثير الخلاصات المائية لبعض النباتات في علاج التهاب اللثة الحاد والمزمن. قسم التقنيات الاحيائية - كلية العلوم- جامعة بغداد. بغداد ، الع ا رق, المجلد 49(المجلة الع ا رقية للعلوم), 69–73.
PRIYONO, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 219–227. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.966
Yusuf Sukman, J. (2017). «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Вестник Росздравнадзора, 4(Strata 1), 9–15.