(MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ASEMBLER EDU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SDN KANDANGAN 1 TOSARI)
Main Article Content
Fitri Kurnia
Penelitian ini merupakan pengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi untuk pembelajaran PAI. Media interaktif berbasis Aplikasi Asemblr Edu atau bisa disebut dengan aplikasi 3D ( dimensi ) merupakan aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran yang kurang menarik menjadi menarik sehingga dapat menarik perhatian siswa. Aplikasi ini mengajak seorang pendidik menjadi kreatif dan inovatif untuk peningkatan inspirasi cara perkembangan siswa.
Penelitian pengembangan media interaktif berbasis Aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi tentang menyambut baligh. Penelitian yang di lakukan termasuk penelitian pengembangan ( RND ). Tujuan pertama dalam penelitian pengembangan ini digunakan untuk menciptakan produk pengembangan media pembelajaran agar kegiatan pembelajaran PAI lebih variatif dan juga menyenangkan.
Ani Ismayani, Membuat Sendiri Aplikasi
Augmented Reality, (Jakarta: PT Elex
Media Komputino, 2020), 2.
Ahmad Suryadi, Teknologi dan Media
Pembelajaran Jilid II, 72
Ahmad Suryadi, Teknologi dan Media
Pembelajaran Jilid II, (Sukabumi:
CV Jejak, 2020),73 Lihat dalam
Husniyatus Salamah Zainiyati,
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis
ICT :Konsep dan Aplikasi pada
Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam, 67.
AssemblrWorld,“pertanyaan yang sering
diajukan-Assemblr Edu”, dalam
https://id.edu.assemblrworld.com/
, diakses pada 15 Mei 2023.
Akhmad Sugiarto, “Penggunaan Media
Augmented Reality Assemblr Edu
Untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Peredaran Darah”, Madaris:
Jurnal Guru Inovatis, 2022, 3.
Ani Ismayani, Membuat Sendiri Aplikasi
Augmented Reality, (Jakarta: PT
Elex Media Komputino, 2020), 2.
Fitri Sylvia, dkk.,“Efektivitas Augmented
Reality Terhadap Higher Order
Thinking Skill Siswa Pada
Pembelajaran Biologi”, BIODIK:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Biologi, Vol. 07, No. 02 (2021)
Husniyatus Salamah Zainiyati,
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis ICT :
Konsep Dan Aplikasi pada
Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam, (Jakarta: Kencana, 2017), 62.
Hardianto, Media Pembelajaran Dalam
Pendidikan Agama Islam, Hikmah:
Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No.
(2011), 4.
Isma Ramadhani Lubis, Jaslin Ikhsan,
Pengembangan Media
Pembelajaran Kimia Berbasis
Android Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar dan Prestasi
Kognitif Peserta Didik SMA “,
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol.
No. 2 (Oktober 2015), h. 192.
Ibid, 71.
Lely, “Cakap Upskill X Assemblr Edu :
Mengenal Augmented Reality”,
Dalam https://blog.cakap.com/cakap-upskill
x-assemblr-edu-augmented-reality/,
diakses pada 2 Februari 2023.
Rohmi Julia Purbasari, M. Shohibul Kahfi,
dan Mahmuddin Yunus,
“Pengembangan Aplikasi Android
Sebagai Media Pembelajaran
Matematika Pada Materi Dimensi
Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X”,
Jurnal Pendidikan Matematika,
Vol. 1, No. 2 (2012), 2.
Rizki Suhendar Putra, dkk., “Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Aplikasi Android
Terhadap Hasil Belajar Siswa”,
Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,
Vol. 11, No. 2 (2017), 2009-2018.
Yusuf Ahmad, “Hubungan Materi
Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Dengan Kecerdasan
Emosional”, Jurnal Al-Hikmah, Vol.
, No. 1 (2016), 4.
Zainul Abidin, “Penerapan Media Pembelajaran”, Jurnal Edcomtech, Vol. 1, No. 1 (2016), 12.(2022). Dialetika Pendidikan Pesantren Di Tengah Era Society 5.0. Jurnal Kewarnegaraan. Volume 6 No. 1 Juni 2022.
Baihaqi, M.A. Pesantren Gen-Z: Re- Aksentuasi Nilai Moderasi Beragama pada Lembaga Pendidikan. (2022). (n.p.): Deepublis h.
Hanafi, M. S. (2018). Budaya Pesantren Salafi (Studi Ketahanan Pesantren Salafi Di Provinsi Banten).
Hidayati STIT Al-Fattah Lamongan, Z., & Fuat Humam STIT Al-Fattah Lamongan, M. (n.d.). EKSISTENSI PESANTREN SALAF DI TENGAH
ARUS MODERNISASI (Peran Pondok Pesantren Islam Putra Ar-Raudloh Kebonsari Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan) (Vol. 5, Issue 2).
Inanterimalihara dkk, Pola Pengembangan Pondok Pesantren, (Jakarta:
Ditpekapontren Ditjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama,2003).
Ismail SM, Dinamika Pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002).
Karel A Steenbrink, Pesantren, Madrasah Sekolah: Pendidikan dalam kurun waktu modern, (Jakarta: LP3ES; 1994), hal. 65-67
Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf) - Darul Abror -Google Buku. (n.d.)
Putra, M. K. B. (2015). Eksistensi Sistem Pesantren Salafiyah dalam Menghadapi Era Modern. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 1(1)
Utami, R. (2019). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih. Integrasi Kurikulum di Indonesia Dalam Menghadapi Era Society 5.0.