EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA DAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS XI MA AL FURQON KOTA PASURUAN
Main Article Content
Media pembelajaran interaktif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Oleh karena itu, media Canva dan Quizzizz menjadi salah satu solusinya. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dan Quizizz, efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Canva dan Quizizz pada mata serta hasil belajar siswa media pembelajaran interaktif berbasis Canva dan Quizizz pada mata pelajaran akhlak di kelas XI MA AlFurqon Kota Pasuruan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yaitu jenis Pre-Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dari rata-rata pretest (53,13) menuju nilai rata-rata posttest (91,25) dan menunjukkan hasil yang signifikan (sig = 0,000) yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari α 0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dan Quizizz terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah.
Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Untuk Ekonomi, Manajemen, Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ahmad, Mahfuddin, “Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Mata Pencaharian Penduduk Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Klegon Tahun Ajaran 2015/2016”
Ahmadi, Abu Dan Widoodo Supriyon, Psikologi Belajar, Jawa Barat: PT Rineka Cipta, 2013
Ahmadi, Abu Dan Widoodo Supriyon, Psikologi Belajar, Jawa Barat: PT Rineka Cipta, 2013.
Ardana, M. D., Dayu, D. P. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V sekolah sasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2993
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Ashimatul Wardah Al Mawaddah,dkk, (2021) “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, Vol.5 No. 5
Asma, Nur, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Inpres Karunrung Kota Makassar.” Skripsi (2017)
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013)
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Edi Kusnadi. “Metodologi Penelitian Aplikasi Praktis.” Jakarta: Ramayana Press, 2008
Firdausi, Isnan Razaq. “Efektivitas Media Canva Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Iklan Kelas V MI Nurul Ihsan Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023.” Skripsi, no. June (2022) http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6667/.
Hamzah Jalani Aji Syahbarka, “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Investigasi Matematis Siswa Kelas Vii,” Skripsi (2021)
https://quran.nu.or.id/al-alaq
https://quran.nu.or.id/an-nahl/89
Ismail Nurdin dan Sri Hartati, Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Janna, Nilda Miftahul, and Herianto. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.” Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), no. 18210047 (2021).
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Antasari Press.
Kartiwi, Yesi Maylani, and Yeni Rostikawati. “Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp.” Semantik 11, no. 1 (2022)
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran (Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mundir. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jember: STAI Jember Press
Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1). Https://Doi.Org/10.31932/Ve.V9i1.32
Nopriyanti. dan Sudari, Putu. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 5, No. 2.
Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, MS Denok Sunarsi, S.Pd., M.M., CHt. Metode Penelitian Kuantitatif, 2021.
Radityan, Fatwa. Kuntadi, Iwa. dan Komaro, Mumu. 2014. Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 1, No. 2.
Rahayu, Sri, Dkk. Media Interaktif IPA. Guepedia. 2021.
Ratnawati, Dewi Mei. “Pengembangan Kuis Interaktif Berbantu Media Quizizz Untuk Memperkuat Daya Ingat Siswa Kelas VIII Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Di SMP NEGERI 8 Jember.” Skripsi, no. April (2022)
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013)
Sanjaya, Wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Singarimbun, Masri. “Metode Penelitian Survei.” Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 1995
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta., 2016
Sulistyaningsih, Dwi Rina, Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri Kelas V MI, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013
Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (1st Ed.). Prenadamedia Group.
Tanjung, Galang. “BAB I Ragam Dan Prosedur Penelitian Tindakan.” Galang Tanjung, no. 2504 (2015)
Thowijah, T., & Susapti, P. (2022). Efektivitas Penggunaan Tes Online Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(4).
Triyuniar, Mega Reta. “Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Fisika Berbasis Canva Untuk Siswa Kelas XI SMA.” skripsi (2023).
Yanto, Doni Tri Putra. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19, no. 1 (2019)
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.