ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BARISAN ARITMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DENGAN ANALISIS NEWMAN
ABSTRAK, PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL dan PEMBAHASAN, KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dan solusi yang dapat diberikan dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan aritmatika berdasarkan analisis Newman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Excellent Al Yasini yang berjumlah 3 siswa dengan kategori 1 siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, 1 siswa dengan tingkat kemampuan sedang, dan 1 siswa dengan tingkat kemampuan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menujukan (1) subjek tingkat kemampuan tinggi tidak melakukan kesalahan pada semua tahap, (2) subjek tingkat kemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap transformasi, dan (3) subjek tingkat rendah melakukan kesalahan pada setiap tahapan Newman.
Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. 2018. Analisis Kesulitan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Daari Gender. JTAM / Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118.
Badriyah, Lailatul. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Tambah dan Kurang Bilangan Bulat serta Scaffolding-nya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Budiarto, M. T & Putri, A. M. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapab Newman serta Upaya untuk Mengatasinya Menggunakan Scaffolding”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol2 , No.6.
Ellerton, N. F., & Clements, M. A. 1996. Newman Error Analysis: A Comparative Study Involving Year
Students in Malaysia and Australia. In P.C. Clarkson (Ed), Technology and Mathematics Education (pp. 186-193). Melbounr: Mathematics Education Research Group of Australia.
Handayani, J. P., Barisan, M., & Deret, D.
A. N. 2020. Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160-168.
Hartini. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Kompetensi Dasar Menemukan Sifat dan Menghitung Besaran-
Besaran Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II AMP It Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. Tesis Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Jha, Sio Kumar. 2012. “Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure” International Journal of Computer Applications in Engineering Science (Vol. II, Issue I, March 2012).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. (online), (https://kbbi.web.id/soal) diakses 1
Januari 2024.
Karnasih, Ida. 2015. “Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical World Problems)”. Jurnal PARADIKMA, Vol.8, No. 1.
Kurniasari, Ika. 2007. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Nonlinier Dua Variabel. Tesisi tidak dipublikasikan. Surabaya: Unesa.
Legutko, M. 2008. An Analysis of Students Mathematical errors in the Teaching Research Process. Prosiding Handbook of Mathematics Teaching Research. Krakow: University of Krakow.
Mardjuki. 1999. Pembelajaran Soal Cerita dalam Matematika. Laporan Penelitian.
Yogyakarta: FMIPA UNY.
Milles, M. B & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohandi Rohidi. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukunthan, T. 2013. A Study on Students’ Error on Word Problem. International Journal of Management, IT and Engineering (Vol. 3, Issue 10, Octoober 2013).
Nisa, LK. 2019. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) ditinjau dari Gaya Belajar”. Tesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Rahayu, Puspita Ningsih dan Abdul Qohar. 2014. “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffoldingnya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun ii. No. 2.
Rindyana, B. S. B. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Skripsi tidak diterbikan. Malang:FMIPA Universitas Negeri Malang.
Rokhimah, S. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES.
Sari, Putri Purnama. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. (Banda Aceh: Unsyiah).
Satoto, Seto. 2012. Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kendal dalam Menyelesaikan Soal Materi Jarak pada Bangun Ruang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FMIPA UNS.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta. Susilowati, Puji Lestari dan Novisita Ratu. 2018. Analisis Kesalahan Peserta didik
Berdasarkan Tahapan Newman Dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Mosharafa. Vol. 7, No.1.
White, A. L. 2005. Active Mathematics in Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes-And Then Doing Something To Help Them. Sydney: University of Western Sydney.
White, A. L. 2010. “Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysisi”. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2).
W. J. S. Poerwadarminta. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.