STATISTICAL THINKING
SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA DI TINJAU DARI GENDER
Main Article Content
CAHYO CAHYO SAPUTRO RAGIL
Tujuan dari penelitian ini ialah guna mendeskripsikan perbedaan statistical thinking siswa dalam Menyelesaikan soal statistika yang di tinjau dari gender. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis metode ini penelitian dapat dijelaskan sesuai dengan keadaan lapangan yang sesungguhnya. Instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Statistical thinking dan wawancara. Subjek yang digunakan ialah 2 siswa dimana terdiri dari 1 siswa maskulin (laki laki) dan 1 siswa feminim (perempuan). Tempat penelitian dilaksanakan yaitu MTs NU Darul Huda Ketanireng. Dalam tahap pemeriksaan kebenaran informasi, peneliti ini memakai tringulasi teknik yaitu tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat statistical thinking siswa perempuan dan siswa laki-laki memiliki perbedaan dalam menjawab soal yang disajikan. Dalam menjawab soal siswa laki laki memenuhi 4 indikator statistical thinking yaitu mendeskripsikan data, Mereduksi data, Representasi data, Analisis dan Interpretasi data. Sedangakan siswa perempuan memenuhi 3 indikator yaitu Mereduksi data, Representasi data, Analisis dan Interpretasi data, akan tetapi dalam mendeskripsikan data subjek masih belum memenuhi indikator tersebut.
Ida Ayu Putu Purnami, I Wayan Gede Wisnu, Ni Ketut Sari Adnyani, 2023, Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Educandy Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Bali, Universitas Pendidikan Ganesha, Jurnal Komunikasi Hukum : Volume 9 Nomor 1, Februari 2023 P-ISSN: 2356-4164, E-ISSN: 2407-4276,
Nurul Inayah, 2016, Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Pada Materi Statistika Siswa Sma, Journal of EST, Volume 2 Nomor 2 Agustus 2016 hal. 74- 80 74 p-ISSN: 2460-1497 e-ISSN: 2477-3840
Misveria Villa Waru, Ilham Minggi, Suwardi Annas, 2015, Deskripsi Persepsi Tentang Statistika Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Berpikir Statistis (Statistical thinking) Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ips Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, Program Studi Pendidikan Matematika, Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia, JURNAL DAYA MATEMATIS, Volume 3 Nomor 1 Maret 2015
Wati Susilawati & Ridha Abdullah, 2020, Berpikir Statistis, Penalaran, Literasi Dan Self Efficacy Mahasiswa Melalui Pendekatan Brain-Based Learning Dengan Strategi Metakognitif, Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD BANDUNG, ISBN 978-623-7036-85-2
Tegu Fitria Ningsi, 2019, Hubungan Statistical thinking Siswa SMK Kelas XI dengan ARTIST (Assesment Resource Tools for Improving Statistical thinking), Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, Indonesia, Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, Vol.01(02),
M Masjudin, A Muzaki, Z Abidin, and I A P Ariyanti,2020, Analysis of student’s Statistical thinking ability in understanding the statistical data, IKIP Mataram, Jl. Pemuda No. 59A, Mataram 83125, Indonesia, Journal of Physics: Conference Series 1521 (2020) 032063 doi:10.1088/1742-6596/1521/3/032063