PENDAMPINGAN PENGGUNAAN METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN MELALUI HALAQOH MU’ALIMIL QUR’AN (HMQ) DI TPQ TARBIYATUL ATHFAL SUMBERASRI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ketika observasi di lapangan ditemukan bahwa masih banyak guru atau ustadz yang mengajarkan Al-Qur’an, tetapi masih belum menggunakan tajwid yang benar. Di samping itu masih sering ditemui pembelajaran Al-Qur’an yang pasif, di mana santri tidak aktif dalam pembelajaran. Santri seakan adalah objek semata yang tidak tahu apa-apa. Menyikapi hal itu TPQ Tarbiyatul Athfal melakukan diklat Usmani untuk guru-guru TPQ agar memiliki acuan yang jelas dalam mengajarkan Al-Quran yang sanadnya sampai Rosulullah SAW. Namun hal itu pun masih belum maksimal dan masih banyak santri yang belum lulus tashih, yaitu ujian kenaikan juz dalam Usmani. Sehingga perlu adanya solusi dalam permasalahan ini. Fokus pada penelitian ini adalah (1) memberikan pemahaman tentang penerapan metode Usmani dalam mempelajari Al-Qur’an (2) menggunakan metode metode Usmani dan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Tarbiyatul Athfal Sumberasri. Adapun metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah metode HMQ yaitu Halaqoh Mu’alimil Qur’an. Subjek dari pendampingan ini adalah guru atau ustadz TPQ Tarbiyatul Athfal yang berada di Desa Sumberasri Nglegok Blitar. Hasil dari pendampingan ini adalah (1) guru memahami cara-cara atau langkah-langkah dalam menerapkan metode Usmani dengan benar, (2) guru mampu menerapkan dan manjaga metode Usmani dengan baik melalui Halaqoh Mu’alimil Qur’an (HMQ). Selain itu untuk memupuk semangat guru dalam mentransfer ilmu kepada santri.