Implementasi Nilai Karakter Religius Dalam Upaya Mendisiplinkan Siswa Di Smk Syamsul Arifin Pukul Kraton Pasuruan
Abstract
Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam upaya melatih seseorang sehingga dapat menempatkan dimana pun dia berada. Jika kita melihat kehidupan biasa, kita dapat melihat bahwasanya masih banyak yang belum bisa menghormati norma-norma dan peraturan yang berlaku. Kedisplinan siswa di SMK Syamsul Arifin Pukul Kraton Pasuruan di rancang dengan mengimplementasikan nilai karakter religius, yang mana peneerapan nilai karakter ini di tunjang dengan kegiatan seperti tahfidz sebelum pembelajaran, sholat dhuhur berjamaah dan ziaroh kubur. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan perencanaan nilai karakter religius, implementasi nilai karakter religius dan faktor pendukung serta penghambat implementasi nilai karakter religius dalam upaya mendisiplinkan siswa di SMK Syamsul Arifin Kraton Pasuruan.
Penilitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang tidak bisa di peroleh melalui prosedur-prosedur statistik dan melalui kuantifikasi (pengukuran). Adapun jenis penelitian ini menggunakan deskriptif yang di lakukan oleh peneliti sendiri.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:1) bahwa perencanaan kegiatan religius yang di terapkan oleh pihak sekolah berdasarkan kesepakatan bersama dalam sebuah rapat, 2) implementasi nilai karakter religius berupa tahfidz di awal pembelajaran, 3) Faktor pendukung implementasi nilai karakter religius yakni dukungan walimurid, sarana dan prasarana yang memadai dan siswa yang berdomisili pesantren. Sedangkan faktor penghambat nya adalah kurangnya kediplinana dari guru pendamping, adanya covid-19 dan adanya siswa yang tidak berdomisili pesantren.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suadi Suadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.