education Perencanaan Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun budaya Religius Santri di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily
Kurikulum Pesantren
Keywords:
Kurikulum Pesantren, Asas Sosiologi, Budaya ReligiusAbstract
Kurikulum pesantren merupakan kurikulum penyiapan manusia sesuai dengan syariat Allah Swt dan aturan-aturannya bagi alam dan kehidupan. Kurikulum khusus pesantren dialokasikan dalam kurikulum lokal, dan kiai dapat memutuskan apakah akan menerapkannya atau tidak. Dengan demikian salah satu upaya mewujudkan hal tersebut mengenai kurikulum yang berpusat kepada masyarakat yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga proses dan implementasinya dengan melakukan interaksi, kegiatan, dan kerjasama serta membaurkan diri secara langsung dengan masyarakat.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Perencanaan Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: Menganalisis Perencanaan Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan interactive of analysis Miles dan Huberman, uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan kurikulum pesantren dengan asas sosiologi yaitu dengan menyusun program tahunan, agenda semesteran, serta kegiatan pembiasaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lailatul Qomariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.