Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Teknik Otomotif 1 Melalui Tata Tertib Kelas di SMK Negeri 7 Semarang
Main Article Content
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya, faktor pendukung dan solusi guru dalam meningkatkan kedisplinan peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan penetapan sumber data atau informan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan saat mewawancarai guru Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dan beberapa informan yang bersangkutan, masih ada peserta didik yang melakukan ketidakdisplinan. Peserta didik harus mendapatkan arahan dan bimbingan untuk menjadi pribadi yang baik. Hal ini terbukti peserta didik yang mengalami ketidakdisiplinan sudah mampu berperilaku disiplin, seperti tepat mengumpulkan tugas, masuk kelas tepat waktu, menggunakan atribut pakaian lengkap, memperhatikan saat pembelajaran, tidak bermain game, suasana kelas kondusif.
Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 43-53. Tersedia pada: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207
Gunawan. (2018). Mengajar di Zaman Now (Pembelajaran dengan pendekatan SAVI, Sanitifik, Literasi, PPK, 4C, dan HOTS). Ponorogo: Wade Group.
Husien, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: I.
Lamatanngo, N. U., & Hamzah, B. U. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mursalin, & Sulaiman. (2017). Peranan Guru Dalam Melaksanakan Manajemen Kelas di Gugus Bungong Seulangan Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Nasional, 2(1), Februari.
Rumia. (2015). Analisis Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik Sebelum dan Sesudah Prakerin di SMK Negeri 3 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 117-125. Tersedia pada: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2209
Sugiarto, A. P., Tri, S., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Member Ilmu, 24(2).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suyanto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Multpress.
Undang-Undang Dasar No. 20 Tahun 2003.
Yulianti, P. D., dkk. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2).