BERPIKIR ALJABAR SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI GENDER
Main Article Content
Alimuddin, R. (2019). Characteristics of Solution of Open Ended Problems Reviewed From Student Cognitive Styles. Global Science Education Journal, 1(1), 65-72.
Amalliyah, N., Wardono, W., & Mulyono, M. (2022). Analisis kemampuan berpikir aljabar siswa ditinjau dari adversity quotient. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 1-12.
Aprildat, D., & Hakim, D. L. (2021). High School Students' Algebraic Thinking Ability in Solving Linear Program Problems: Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMA Dalam Menyelesaiakan Masalah Program Linear. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 222-237.
Aulia, A., Rif'at, M., & Astuti, D. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Phytagoras. Jurnal
AlphaEuclidEdu, 2(1), 113-121.
Bingölbali, E., & Bingölbali, F. (2021). An Examination of Open-Ended Mathematics Questions' Affordances. International Journal of Progressive Education, 17(4), 1-16.
Eriksson, H., & Eriksson, I. 2020. "Learning actions indicating algebraic thinking in multilingual classrooms". Educational Studies in Mathematics. Vol. 106(3), pp:363–378.
Faranita, S., Kadir, & Sudia, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif –
CEJou Vol X No X, Mei 2024
Lailatul Komaria
Reflektif Ditinjau dari Gender, 3(1), 49–
Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243.
Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32-36.
Hajizah, M. N., & Wijayanti, D. A. (2023). The Use of ICT and the Realistic Mathematics Education on Learning Functions to Develop Algebraic Thinking Skills. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 7(1), 1-8.
Islam, H. S., Budiyono, B., & Siswanto, S. (2021). The Analysis Of Students’creative Thinking Skills In Solving Open Ended Questions In Terms Of Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1132-1140.
Kieran, C. (2004). Algebraic thinking in the early grades: What is it. The mathematics educator, 8(1), 139-151.
Lew, H. C. (2004). Developing algebraic thinking in early grades: Case study of Korean elementary school mathematics. The Mathematics Educator, 8(1), 88-106.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Ngaba, A. L., & Dewi, N. R. (2023). Student’s Algebraic Thinking Ability in Solving
Mathematical Problems Based Misconceptions. Journal of Educational Sciences, 7(3), 465-473.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139-
Nurcholifah, S., Purwoko, R. Y., & Kurniawan,
H. (2021). Proses Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Open-Ended. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 6(1), 19-28.
Prasetyo, A., Tuanaya, R., & Sangkala, N. S. (2023). Assessing The Potential Of Open-Ended Problem To Improve Students'creative Thinking Skills In Mathematics Learning. Matematika dan Pembelajaran, 11(2), 122-137.
Safitri, M., Dzahabiyyah, S. N., Listianadewi, F., Palupi, L. R., Nursatamala, S., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 76-80.
Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Numeracy, 5(1), 77-90.
Tonra, W. S., Wahyudi, D., & Tonra, W. S. (2023). Profil Kemampuan High Order Thinking Skills Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(2).