Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Mata Kuliah Konsep Dasar IPS SD
Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Mata Kuliah Konsep Dasar IPS SD
Main Article Content
Minimnya ketersediaan bahan ajar pada mata kuliah Konsep Dasar IPS SD sehingga
mahasiswa kesulitan memperoleh referensi penunjang dalam pembelajaran. Tujuan penelitian
ini untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis flipbook yang valid, praktis dan
efektif. Jenis penelitin ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan
prosedur pengembangan model 4D yaitu define, design, develop dan dessiminate. Untuk
mengetahui uji kelayakan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli
bahasa. Uji praktikalitas dan uji efektivitas menggunakan angket respon mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook valid dan layak untuk digunakan,
dengan presentase nilai rata-rata validasi ahli materi 91%, validasi ahli media 93% dan ahli
bahasa 90% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata uji praktikalitas dan uji efektivitas
yaitu 90 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook mata kuliah Konsep
Dasar IPS SD valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Ameriza, I., & Nizwardi, J. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Flipbook pada Mata
Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Edutech Undiksha, 9 (2), 181-186.
Asmi, A. R., & Surbakti, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker. Jurnal
Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (2), 1-10.
Awwaliyah, H. S., dkk. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk
meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Tema Cahaya. Indonesian Journal of Natural
Science Education (IJNSE), 04 (02), 516-523.
Ernawati, E., dkk. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook dalam Model Discovey
Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada
Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Riview, Pendidikan Kimia PPs UNM,
(6), 58-71.
Hapsari, I. I., & Mamah, F. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan
Kualitas Guru di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding dan Web Seminar (Webinar), “Standarisasi
Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”.
Lastri, Y., (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses
Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3 (3), 1139-1146.
Magdalena, I., dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial,
(2). 3111-326.
Novitasari, A., & Tiara, A. D. (2022). Pengembangan E-Modul SETS Berbasis Flipbook Maker
Alternatif Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bioshell, 11 (1), 11-18.
Riskynianyo, H. S., & Lina, N., Tustiyana, W. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis
Flipbook Materi Manusia dan Lingkungan. Jurnal of Education, 6 (03), 16091-16099.
Sugianto, D., dkk. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknologi Digital.
Jurnal INVOTEC, 9 (2): 110-116.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, S., Pramusinta., & Saptaningrum, E. (20220). Penguasaan Konsep Siswa Melalui
Sumber Belajar E-Modul Gerak Lurus dengan Software Flipbook Maker. UPEJ Unnes
Physics Education Journal, 9 (1), 36-43.
Widiana, F. H., & Brillian, R. (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada
Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6), 3728-