SIKAP MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN JARAK JAUH (PJJ) PASKA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Paska pandemik COVID-19, masih banyak universitas yang menyelenggarakan perkuliahan jarak jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sikap mahasiswa terhadap perkuliahan daring setelah wabah pandemik. Metode gabungan melalui survei Google Form dan juga wawancara dengan sampel acak dilakukan untuk mendapatkan hasil yang komprehensif dari sikap mahasiswa tersebut. Terdapat 86 responden di salah satu universitas swasta di Jawa Timur yang mengisi survei dan tiga orang yang diwawancarai untuk mendapatkan penjelasan yang mendalam dari hasil survei tersebut. Hasil survei menunjukkan bahwa secara umum mayoritas responden bersifat netral dan cenderung negatif terhadap perkuliahan jarak jauh. Sedangkan hasil wawancara menemukan bahwa semua responden sependapat dan memiliki sikap yang negatif terhadap perkuliahan daring. Kemudian, analisis dari hasil survei dan wawancara menunjukkan bahwa sikap negatif mahasiswa terhadap perkuliahan jarak jauh dipengaruhi oleh beberapa faktor, mencakup peralatan dan sumber internet yang dimiliki mahasiswa, kondisi tempat daring, interaksi aktif mahasiswa dan dosen.
Adnan, M.; Anwar, K. Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. 2020; 2, pp. 45–51. http://www.doi.org/10.33902/JPSP.%202020261309
Aguilera-Hermida, A.P. College students’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. Int. J. Educ. Res. Open 2020, 1, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011
Aisah, A., Narinda, N., & Pratiwi, W. D. (2021). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap mahasiswa unsika pada saat pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 67-72. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.31464
Chalim, A. S., Usman, F., & Mulianah, B. (2022). Effectiveness of Learning Activities in the Pandemic and Post Pandemic Era. European Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 40-47. https://doi.org/10.24018/ejsocial.2022.2.2.218
Darsono, H., Fitri, A. N., Rahardjo, B., Imanuela, M. Z., & Lasambouw, C. M. (2020, September). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19 (Kajian di Politeknik Negeri Bandung). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1235-1240). https://doi.org/10.35313/irwns.v11i1.2190
Dhawan, S. Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. J. Educ. Technol. Syst. 2020, 49, 5–22. https://doi.org/10.1177/00472395209340
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 17(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.37421
Juliane, C., Arman, A. A., Sastramihardja, H. S., & Supriana, I. (2017). Digital teaching learning for digital native; Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 29–35. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4273
Justan, R., Margiono, M., Aziz, A., & Sumiati, S. (2024). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253–263. https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2772
Kemp, A.; Palmer, E.; Strelan, P. A taxonomy of factors affecting attitudes towards educational technologies for use with technology acceptance models. Br. J. Educ. Technol. 2019, 50, 2394–2413. dx.doi.org/10.1111/bjet.12833
Khaerunnisa, F. (2019). Evaluasi penerapan blended learning pada pembelajaran bahasa Arab di SMPIT Ibadurrahman: Studi kasus di kelas VII akhwat. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 2(2), 95–108. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v2i2.24808
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Muhammad, I., Widowati, P., & Adi, W. S. (2023). Online learning effect of post pandemic COVID-19: A survey at universities in Indonesian. Перспективы науки и образования, (1 (61)), 575-588.
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan ekonomi Indonesia, 2(1), 85-90. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI
Prasetyanto, D., Rizki, M., & Sunitiyoso, Y. (2022). Online learning participation intention after COVID-19 pandemic in Indonesia: Do students still make trips for online class?. Sustainability, 14(4), 1982. https://doi.org/10.3390/su14041982
Qiu, L.; Hao, M.; Long, T. Role Conflicts at Home: A Qualitative Case Study on College Students’ Online Learning during the COVID-19 Based on the Social Role Theory. In Proceedings of the 2021 International Symposium on Educational Technology (ISET), Online, 10–13 August 2021; pp. 69–73.
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Suan, L. (2020c). Gender and self regulated learning during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(3), 725–732. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.422
Wijaya, T. T., Zhou, Y., Purnama, A., & Hermita, N. (2020). Indonesian students learning attitude towards online learning during the coronavirus pandemic. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), 17-25. https://doi.org/10.33292/petier.v3i1.56