CLASSICAL TEST THEORY: ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN MATERI TURUNAN KELAS XI BERBANTUAN SOFTWARE ITEMAN V4.3
Main Article Content
Cahya Mar'a Saliha Sumantri
Tes merupakan alat ukur untuk mengukur pengetahuan, keterampilan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Penyusunan instumen tes harus memenuhi standar agar dapat dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa. Salah satu cara untuk mendapatkan tes hasil belajar yang baik adalah melalui proses kegiatan analisis butir soal. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis butir soal ulangan harian materi turunan siswa kelas XI dengan menggunakan classical test theroy untuk menentukan karakteristik butir soal suatu tes yaitu tingkat kesukaran, daya pembeda, distribusi pengecoh, dan reliabilitas tes berbantuan software ITEMAN V4.3. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 20 siswa kelas XI SMA. Analisis data menggunakan ITEMAN dan SPSS Statistics 27. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa kualitas butir soal ulangan harian dengan bab Turunan untuk siswa kelas XI masuk dalam kategori baik untuk tingkat kesukaran. Hal ini diketahui berdasarkan karakteristik butir soal menunjukkan bahwa tingkat kesukaran butir dimana masuk kategori sedang (baik). Sedangkan, daya beda butir soal masuk kategori perlu direvisi, dan pengecoh sudah berfungsi dengan baik. Tetapi, untuk estimasi reliabilitas instrument yang dihasilkan guru mendapatkan hasil dimana merupakan hasil yang tidak reliabel atau tidak konsisten.
Allen, M.J. & Yen, W.M. (1979). Introduction to Measurement Theory. Monterey: Brooks/Cole Publishing Company
Ariandani. (2012). Analisis butir soal matematika buatan guru yang digunakan untuk tes semester II kelas X SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Aksiomatik,18-24
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqida, Debbi Silvia. (2024). Penggunaan Rasch Model dalam Menganalisis Butir Soal Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4 (1), 91-101.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, & Lailatul A. (2023). Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Matematika Kelas XI Berdasarkan Teori Klasik. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 4 (1), 1-11.
Himawan, R. & Burhan, N. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN (Analysis of exercise items for odd semester end of semester Indonesian language subjects class VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul using the ITEMAN program). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(!), 160-180.
Irmayta, E., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Pengembangan instrumen asesmen pengetahuan pada materi asam basa arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 63–76.
Iskandar, A., & Muhammad, R. (2017). Analisis Kualitas Soal Di Perguruan Tinggi Berbasis Aplikasi Tap. Jurnal Penelitiam Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 12–23.
Maemonah. (2018). Asesmen Pembelajaran. Yogyakarta: PGMI Press UIN Suka.
Mardapi, Djemari. (2016). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Mustaqim & Hidayu S. (2024). Analisis Butie Soal PAS Matematika Peminatan: Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Kualitas Pengecoh. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3 (1), 44-56.
Nisa, Chairun. (2022). Analisis Karakteristik Butir Soal Tes Ujian Kenaikan Kelas Pelajaran Matematika dengan Program Iteman. YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 2(6), 862-870.
Republik Indonesia. (2022). Peratiuran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta.
Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Samsu. (2021). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Jambi: PUSAKA.
Setiyawan, R.A. & Palupi, S.W.(2020). Analisis Kualitas Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 1 (2), 130-139.
Sinaga, Nurul Afni. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2), 169-181.
Suaedi, M. (2016). Analisis terhadap kualitas butir soal buatan guru IPA kelas VIII MTs Negeri Slawi tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Kamil, l(3), 1-15.
Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susdelina, S., Perdana, S. A., & Febrian, F. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48.
Suwarto (2022). Karakteristik tes ilmu pengetahuan alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Sujarweni, V.W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.